Langsung ke konten utama

Alur Merdeka Modul 2.3 (Mulai Dari Diri) Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kota Mataram

 

2.3.e. Mulai Dari Diri - Modul 2.3

  • Batas waktu Tidak ada batas waktu
  •  
  • Jumlah Soal 6
  •  
  • Batas durasi Tidak ada

Instruksi

Durasi : 1 JP
Moda  : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan.


Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Selamat datang di modul coaching untuk supervisi akademik. Untuk memulai pembelajaran pada modul ini, mari kita mulai dari diri Anda. Sebagai seorang guru, Anda adalah seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Anda sebagai seorang guru, tentunya Anda pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Anda. 

Pada sesi mulai dari dari diri ini, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik dan pengembangan kompetensi diri. Jawaban yang Anda berikan tidak akan dinilai, melainkan sebagai pijakan bagi fasilitator untuk mengembangkan pembelajaran dalam modul ini.


Petunjuk
 Correct answers are hidden.
Submitted 18 Sep at 21:07
 
Soal 1
Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
Your answer:

Perasaan saya saat diobservasi deg-degan, ada rasa khawatir. itu saja

 

 
Soal 2
Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
Your answer:

Saat observasi saya melaksanakan pembelajaran seperti biasa. mengalir sesuai dengan rpp yang telah dibuat. tidak lagi deg-degan. Kepala sekolah hanya duduk diam di belakang menungguin saya mengajar.

Pasca kegiatan observasi, saya diberikan masukan terhadap hal-hal yang kurang dalam proses pembelajaran yang telah saya lakukan

 
Soal 3
Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
Your answer:

Menurut pendapat saya, proses supervisi akademik yang ideal untuk membantu saya dalam berkembang sebagai seorang pendidik adalah sebagai berikut:

Pertama, dilakukan sebuah briefing atau pertemuan singkat antara guru dan kepala sekolah sebelum proses supervisi akademik dimulai. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kedua belah pihak memiliki persepsi yang sama bahwa supervisi akademik dilakukan untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu.

Kedua, saat dilaksanakan supervisi akademik, diharapkan adanya transfer pemahaman mengenai cara atau metode baru dalam pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat mengembangkan pembelajaran yang lebih inovatif dan meningkatkan pemahaman murid terhadap materi.

Ketiga, kegiatan supervisi akademik tidak hanya dijadikan sebagai syarat administratif dalam proses akreditasi sekolah, tetapi juga sebagai sarana bagi guru untuk terus belajar dan berbagi dengan kepala sekolah. Hal ini membantu guru dalam mengidentifikasi kendala maupun kelebihan pembelajaran yang perlu diperbaiki.

Keempat, pada akhir proses supervisi akademik, dilakukan evaluasi secara objektif dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran, bukan sebagai penghakiman atas kesalahan yang mungkin terjadi selama supervisi berlangsung.

Kelima, catatan hasil supervisi akademik disampaikan sebagai acuan bagi guru untuk melakukan refleksi dan perbaikan di masa depan.

 
Soal 4
Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Your answer:

Jika saya saat ini menjadi kepala sekolah yang melakukan supervisi, menurut saya kondisi guru di sekolah berada pada skala 8 dari 10 berdasarkan kriteria ideal yang saya miliki.

Namun, saya memberikan skala 8 karena masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti sebagian guru yang telah menerapkan pembelajaran inovatif dengan video atau game edukasi, tetapi beberapa guru masih merasa khawatir dengan supervisi akademik.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pendekatan dan diskusi lebih dalam untuk memberi pemahaman bahwa supervisi bukanlah hal yang menakutkan.

 
Soal 5
Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
Your answer:

Kebutuhan:

Untuk mencapai situasi ideal, saya membutuhkan pelatihan lebih lanjut dalam teknik coaching dan supervísi, serta kesempatan untuk belajar dari praktik terbaik dalam supervisi akademik.

Selain itu, dukungan dari rekan sejawat dan kepala sekolah lain juga sangat penting untuk berbagi pengalaman dan strategi tentang teknik coaching dan supervisi yang berhasil.

 
Soal 6

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

  1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
  2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Your answer:

1. Harapan

Saya berharap dapat meningkatkan kemampuan saya dalam memberikan umpan balik yang konstruktif, menjadi lebih empatik dalam berkomunikasi dengan rekan sejawat dan siswa, serta mampu membuat perubahan strategis yang positif dalam ekosistem belajar di sekolah saya.

2.kegiatan, materi dan manfaat yang diharapkan

Saya mengharapkan adanya kegiatan praktis seperti simulasi supervisi dan coaching, materi yang mendalam tentang teknik-teknik coaching, serta studi kasus yang relevan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Merdeka (Eksplorasi Konsep Modul 2.3 f.3_Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching) CGP Angkatan 11 Kota Mataram

Alur Merdeka Modul 2.2 (Eksplorasi Konsep ) Calon Guru Penggerak Angkatan 11 kota Mataram

Alur Merdeka (Eksplorasi Konsep Modul 2.3.f 1 _Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan) CGP Angkatan 11 Kota Mataram