Persiapan UAS Ganjil Kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2016-2017

Soal persiapan ujian semester 1 tahun pelajaran 2016-2017

  1. Sebuah partikel di pinggiran roda berputar sebanyak 900 putaran dalam waktu 1 menit. Tentukan kecepatan sudut rata-rata roda !(rad/s).
  2. Semua benda di alam akan menarik benda lain dengan gaya yang besarnya sebanding dengan hasil kali massa partikel tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Pernyataan tersebut dikenal dengan hukum Newton tentang….
  3. Suatu garis khayal yang menghubungkan matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama. Pernyataan diatas dikenal dengan hukum…
  4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!1)   Lintasan planet berbentuk elips dengan matahari berada di salah satu titik fokusnya. 2)   Dalam selang waktu yang sama, garis penghubung planet ke matahari akan menyapu luas yang sama.3)   Kelajuan benda terbesar terjadi dititik perihelium. 4)   Kelajuan benda terkecil terjadi dititik aphelium.   Pernyataan yang benar mengenai hukum II Kepler ditunjukan oleh nomor….
  5. Planet P dan Q mengorbit sebuah bintang. Perbandingan jarak antara planet P dan Q ke bintang tersebut adalah 6 : 9. Apabila periode planet Q mengelilingi bintang selama 80 hari, periode planet P mengelilingi bintang selama ….hari.
  6. Perhatikan factor-faktor berikut!   1)      Panjang awal benda. 2)      Luas penampang benda. 3)      Jenis bahan yang digunakan.  4)      Pertambahan panjang benda. Factor-faktor yang mempengaruhi besarnya tetapan gaya pada benda elastis ditunjukan oleh nomor….
  7. elastis adalah sifat suatu benda untuk kembali ke bentuk awal segera setelah gaya yang mengenai benda tersebut dihilangkan. Sedangkan benda yang tidak dapat kembali kebentuk semula ketika gaya yang mengenainya dihinlangkan disebut benda plastis. Dari pernyataan tersebut besaran-besaran yang berhubungan dengan sifat-sifat elastis benda adalah…..
  8. Seorang siswa melakukan percobaan menguji elastisitas karet. Mula-mula karet digantungkan dan diberi beban 100 gram, tenyata karet bertambah panjang 2 cm. untuk menambah panjang karet 20 cm dibutuhkan energy potensial sebesar…...joule. (Anggap pecepatan gravitasi bumi g=10 m/s2). 
  9. Sebuah partikel mengalami gerak harmonic sederhana dengan periode 0,4 sekon dan amplitude 4 cm. kecepatan maksimum partikel adalah…..cm/s1.      
  10. Pada materi bab IV membahas tentang usaha dan energy. Usaha adala sesuatu yang lakukan oleh gaya pada beda yang menyebabkan benda itu bergerak dan mengalami perpindahan sedangkan energy adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Usaha dan energy dalam system satu internasional (SI) sama-sama dilambangkan dengan W dan satuannya adalah joule (J). Di beri satuan joule karena beralasan bahwa untuk menghargai karya atau penemuan (pemikiran) dari seorang ilmua fisika Inggris yang bernama….
  11. Sebuah truk pasir mogok ditengah jalan. Beberapa orang mendorong truk tersebut ke pinggir jalan. Namun, truk tersebut tidak berpindah tempat sedikit pun dari tempat semula. Usaha yang dilakukan beberapa orang tersebut adalah bernilai….
  12. Energy listrik dapat di ubah menjadi energy lain, contohnya energy dilistrik dapat diubah menjadi energy panas yaitu satrika listrik dan rice cooker. Penyataan tersebut dapat kenal dengan hukum kekekalan …..
  13. Feri bermassa 60 kg berjalan menaiki tangga setinggi 15 meter dalam waktu 2 menit. Daya yang dikeluarkan Feri sebesar….watt.
  14. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 30 m/s, jika massa mobil 750 kg, besar energy kinetic mobil tersebut adalah….joule.
  15. Momentum adalah besaran yang dihasilkan dari perkalian anatara besaran scalar massa benda dengan besaran vector kecepatan geraknya. Dalam satuan Sistem Internasional (SI) momentum di lambangkan dengan p dan satuan momentum adalah….
  16. Dua buah mobil, mobil A dan B melaju dengan kecepatan yang sama. Mobil A bergerak dari arah kanan sedangkan mobil bergerak dari arah kiri. Ketika kedua mobil tersebut berhadapan, kedua mobil saling tabrakan. Peristiwa tabrakan kedua mobil tersebut dikenal dengan peristiwa…..
  17. Tumbukan mempuyai jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis tumbukan disebabkan oleh perbedaan sifat benda yang saling bertumbukan. Salah satu sifat benda yang mempengaruhi proses tumbukan adalah…..
  18. Sebuah benda mengalami perubahan momentum sebesar 20 kg m/s dalam waktu 5 sekon. Gaya yang mengakitkan terjadinya perubahan momentum tersebut adalah sebesar…..N.
  19. Bola basket bermassa 1 kg dilemparkan kearah jaring, tetapi meleset dan mengenai papan kayu. Jika nilai e sebesar 0,8 dan kecepatan lemparan bola 5 m/s, nilai kecepatan pantulan bola sebesar…..m/s.
  20. Benda bermassa 200 gram bergerak dengan kecepatan 30 m/s. Momentum yang dihasilkan benda tersebut sebesar….kg m/s.
  21. Sebuah partikel melakukan gerak harmonic sederhana dengan persamaan y = 8 sin (6 radian+ 0,25 radian) cm dan t dalam sekon. Tentukan: a. Amplitude, periode dan frekuensi b. Persamaan kecepatan dan percepatan. 
  22. Seorang anak menarik mobil mainan dengan gaya 25 N. Tali yang menghubungkan mobil mainan dengan anak tersebut membentuk sudut sebesar 60 terhadap horizontal. Hitunglah berapah usaha yang dilakukan anak tersebut apabila mobil mainan tersebut berpindah sejauh 20 meter?
  23. Batu bermassa 100 gram dilemparkan keatas dari permukaan tanah dengan kecepatan awal 20 m/s. Apabila percepatan gravitasi bumi 9,8 m/s2. Hitunglah energy kinetic benda pada ketinggian 10 meter.
  24. Benda A bermassa 0,8 kg bergerak dengan kecepatan 2 m/s kearah timur. Benda ini menabrak benda B bermassa 0,3 kg yang sedang bergerak kea rah barat dengan kecepatan 3 m/s. Setelah menabrak, benda B bergerak searah dengan benda A dengan kecepatan 2 m/s. Hitunglah Kecepatan benda A setelah menabrak benda
  25. Sebuah motor yang sedang diparkir ditabrak oleh motor lain sehingga kedua motor menjadi satu dan bergerak dengan kecepatan 2 m/s. Jika massa kecepatan gerak motor sama yaitu 500 kg. Hitunglah kecepatan gerak motor penabrak sebelum terjadinya tabrakan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur Merdeka (Eksplorasi Konsep Modul 2.3 f.3_Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching) CGP Angkatan 11 Kota Mataram

Alur Merdeka Modul 2.2 (Eksplorasi Konsep ) Calon Guru Penggerak Angkatan 11 kota Mataram

Alur Merdeka (Eksplorasi Konsep Modul 2.3.f 1 _Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan) CGP Angkatan 11 Kota Mataram